Strategi Distribusi Jasa Catering



Dalam merumuskan strategi distribusi jasa, produsen harus mempertimbangkan saluran-saluran distribusi apa yang cocok dalam unit kegitan bisnisnya. Pemilihan salauran distribusi yang efektif akan mampu mendorong peningkatan penjuakan yang di harapkan, sehingga kelangsungan hidup perusahaan akan terjamin. Perusahaan harus memirkan aspek tempat, karena menyediakan barang dan jasa dalam jumlah dan lokasi yang tepat makadi situlah para pelanggan akan datang. 
            Salah satu keputusan tempat paling dasar yang harus diambil para produsen adalah apakah akan menangani distribusi sendiri atau menggunakan pedagang besar, pengecer, dan spesialis-spesialis lainnya. Jenis saluran distribusi dapat di pilih perusahaan sesuai dengan saluran distribusi usaha jasanya. Jenis-jenis saluran distribusi yang dapat dipilih yakni saluran langsung, saluran satu tingkat (one level channel) dan saluran dua tingkat (two level channel).
            Banyak perusahaan lebih memilih untuk melakukan distribusi langsung atau saluran langsung kepada pelanggan akhir atau konsumen karena mereka ingin mengendalikan seluruh kegiatan pemasaran. Mereka mungkin berfikir bahwa mereka dapat melayani para pelanggan sasaran dengan biaya lebih rendah atau mampu melakukan pekerjaan ini secara lebih efektif dari pada melalui perantara. Salah satu alasan lain yang dipilih perusahaan mengapa mereka melakukan distribusi secara langsung adalah jika perusahaan dapat berhubungan langsung dengan para pelanggan, perubahan-perubahan yang terjadi dalam sikap pelanggan dapat lebih mudah di katahui. Perusahaan lebih mampu menyesuaikan bauran pemasarannya dengan cepat karena tidak perlu minta bantuan anggota saluran yang lain.
            Salah satu alasan itulah yang saya pilih dalam usaha catering saya. Perusahaan memilih saluran distribusi langsung. Alasan lainnya karena usaha catering dalam usahanya berhubungan secara langsung dengan konsumen akhir, tidak lagi memerlukan perantara sebagai penghubungnya. Bisa dibayangkan juga bagaimana jika perusahaan catering memilih saluran distribusi yang lainnya. Usia produk dari catering sendiri juga tidak tahan lama.
            Karena usaha catering saya lebih menekankan pada bahan baku yang segar. Oleh karena itu, dengan memilih saluran distribusi langsung saya dapat menawarkan produk saya kepada konsumen dengan mudah. Dimana, awal sebelum masuk ke tempat usaha catering, konsumen disuguhi dengan taman yang ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman sayur-sayuran. Dengan persepsi yang tergambar dalam fikiran konsumen ketika awal masuk ke tempat usaha catering saya, saya akan dengan mudah mengambil hati konsumen.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi Usaha Jasa Catering

Segmentasi, Targeting dan Positioning Pemasaran Jasa Usaha Catering

Definisi Jasa Catering