Strategi Distribusi Jasa Catering
Dalam merumuskan strategi distribusi jasa, produsen harus
mempertimbangkan saluran-saluran distribusi apa yang cocok dalam unit kegitan
bisnisnya. Pemilihan salauran distribusi yang efektif akan mampu mendorong
peningkatan penjuakan yang di harapkan, sehingga kelangsungan hidup perusahaan
akan terjamin. Perusahaan harus memirkan aspek tempat, karena menyediakan
barang dan jasa dalam jumlah dan lokasi yang tepat makadi situlah para
pelanggan akan datang.
Salah satu keputusan tempat paling
dasar yang harus diambil para produsen adalah apakah akan menangani distribusi
sendiri atau menggunakan pedagang besar, pengecer, dan spesialis-spesialis
lainnya. Jenis saluran distribusi dapat di pilih perusahaan sesuai dengan
saluran distribusi usaha jasanya. Jenis-jenis saluran distribusi yang dapat
dipilih yakni saluran langsung, saluran satu tingkat (one level channel) dan saluran dua tingkat (two level channel).
Banyak perusahaan lebih memilih
untuk melakukan distribusi langsung atau saluran langsung kepada pelanggan
akhir atau konsumen karena mereka ingin mengendalikan seluruh kegiatan
pemasaran. Mereka mungkin berfikir bahwa mereka dapat melayani para pelanggan
sasaran dengan biaya lebih rendah atau mampu melakukan pekerjaan ini secara
lebih efektif dari pada melalui perantara. Salah satu alasan lain yang dipilih
perusahaan mengapa mereka melakukan distribusi secara langsung adalah jika
perusahaan dapat berhubungan langsung dengan para pelanggan,
perubahan-perubahan yang terjadi dalam sikap pelanggan dapat lebih mudah di
katahui. Perusahaan lebih mampu menyesuaikan bauran pemasarannya dengan cepat
karena tidak perlu minta bantuan anggota saluran yang lain.
Salah satu alasan itulah yang saya
pilih dalam usaha catering saya. Perusahaan memilih saluran distribusi langsung.
Alasan lainnya karena usaha catering dalam usahanya berhubungan secara langsung
dengan konsumen akhir, tidak lagi memerlukan perantara sebagai penghubungnya.
Bisa dibayangkan juga bagaimana jika perusahaan catering memilih saluran
distribusi yang lainnya. Usia produk dari catering sendiri juga tidak tahan
lama.
Karena usaha catering saya lebih
menekankan pada bahan baku yang segar. Oleh karena itu, dengan memilih saluran
distribusi langsung saya dapat menawarkan produk saya kepada konsumen dengan
mudah. Dimana, awal sebelum masuk ke tempat usaha catering, konsumen disuguhi
dengan taman yang ditumbuhi dengan berbagai macam tanaman sayur-sayuran. Dengan
persepsi yang tergambar dalam fikiran konsumen ketika awal masuk ke tempat
usaha catering saya, saya akan dengan mudah mengambil hati konsumen.
Komentar
Posting Komentar