Bentuk Relationship Marketing
Bentuk Relationship Marketing dapat berupa:
Hubungan Pelanggan (customer relationship)
1. Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire).
Pelanggan baru didapatkan dengan memberikan kemudahan pengaksesan
informasi, inovasi baru, dan pelayanan yang menarik.
2. Meningkatkan hubungan dengan Pelanggan yang
telah ada (Enhance).
Pelayan berusaha menjalin hubungan dengan pelanggan melalui pemberian
pelayanan yang baik terhadap pelanggannya (customer service). Sebagai tambahan,
karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti,
menambahkan bonus pemesanan jika memesan diatas 500 porsi makanan. dapat
meningkatkan pendapatan catering dan mengurangi biaya untuk memperoleh
pelanggan (reduce cost). Ataupun dapat juga menggunakan metode paket hemat bagi
konsumen.
3. Mempertahankan Pelanggan (Retain)
Tahap ini merupakan usaha mendapatkan loyalitas pelanggan dengan
mendengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi keinginan pelanggan. Dimana dapat
dicontohkan apabila catering kita sudah sibuk sekali dan full pesanan, akan
tetapi pelanggan terbaik kita memesan catering pada saat padat-padatnya
permintaan pesanana. Sehingga, secara tidak langsung dipeerbolehkan catering
lain yang membuat akan tetapi tetap dalam pengawasan manajemen catering kita.
Kemitraan dengan catering lain
(Partnerships with other catering)
Dalam sebuah ikantan kerjasama atau
bermitra dengan antar usaha yang masa, nantinya akan timbul sebuah inovasi
baru. Sehingga, dalam menjaga suatu hubungan dan lebih mempererat kemitraan
dengan dengan catering lain dapat dilakukan kegiatan liburan bersama.
Reward adalah salah satu hal yang paling
mendasari kenapa karyawan menjadi lebih produktif. Dengan adanya reward,
seorang karyawan mampu memberikan hal terbaik yang ada pada dirinya. Akan
tetapi, apabila karyawan catering melaukan kesalahan, akan ada sanksi untuk
mengatasinya. Bukan hanya reward, suasana saat dalam bekerja yaitu kenyamanan
dan keamanan adalah hal yang mendasari sebuah usaha catering dapat berkembang.
Karena yang kita tanamkan pada pikiran karyawan saat trening adalah santai it’s
ok tapi harus punya tanggung jawab. Dengan begitu rasa kekeluargaan dan
perasaan saling menjaga antar karyawan ataupun manajer catering itu semakin
besar dan mereka akan tetap menjaga kualitas maanan yang mereka masak agar
usaha catering ini tetap bertahan dan semakin berkembang.
Dalam suatu strategi usaha ada yang namanya
human sosiety, dimana hubungan dengan masayarakat desekitar lingkungan usaha
catering itu penting adanya. Karena bentuk usaha saya adalah catering maka
dapat menjaga hubungan sengan masyarakat sekitar dengan cara mengambil karyawan
catering dari lingkungan sekitar. Apabila tenaga kerja disekitar lingkungan
usaha catering tidak mendukung dengan kualiats tenaga kerjanya, dapat juga
mengggunakan prinsip kenyangkan tetanggamu sampai dia bosan untuk memakan
makananmu. Sehingga, setiap ada pesanan, secara tidak langsung kita juga harus
memberikan makanan kepada tetangga sampai tetangga itu bosan memakan makanan
dari usaha catering kita.
Komentar
Posting Komentar