Bentuk Relationship Marketing


Bentuk Relationship Marketing dapat berupa:
      Hubungan Pelanggan (customer relationship)
1.      Mendapatkan Pelanggan Baru (Acquire).
Pelanggan baru didapatkan dengan memberikan kemudahan pengaksesan informasi, inovasi baru, dan pelayanan yang menarik. 
2.      Meningkatkan hubungan dengan Pelanggan yang telah ada (Enhance).
Pelayan berusaha menjalin hubungan dengan pelanggan melalui pemberian pelayanan yang baik terhadap pelanggannya (customer service). Sebagai tambahan, karyawan juga menawarkan berbagai konsep pemasaran yang kreatif, seperti, menambahkan bonus pemesanan jika memesan diatas 500 porsi makanan. dapat meningkatkan pendapatan catering dan mengurangi biaya untuk memperoleh pelanggan (reduce cost). Ataupun dapat juga menggunakan metode paket hemat bagi konsumen.
3.      Mempertahankan Pelanggan (Retain)
     Tahap ini merupakan usaha mendapatkan loyalitas pelanggan dengan mendengarkan pelanggan dan berusaha memenuhi keinginan pelanggan. Dimana dapat dicontohkan apabila catering kita sudah sibuk sekali dan full pesanan, akan tetapi pelanggan terbaik kita memesan catering pada saat padat-padatnya permintaan pesanana. Sehingga, secara tidak langsung dipeerbolehkan catering lain yang membuat akan tetapi tetap dalam pengawasan manajemen catering kita.

      Kemitraan dengan catering lain (Partnerships with other catering)
Dalam sebuah ikantan kerjasama atau bermitra dengan antar usaha yang masa, nantinya akan timbul sebuah inovasi baru. Sehingga, dalam menjaga suatu hubungan dan lebih mempererat kemitraan dengan dengan catering lain dapat dilakukan kegiatan liburan bersama.

Kemitraan Internal (internal partnership)
Reward adalah salah satu hal yang paling mendasari kenapa karyawan menjadi lebih produktif. Dengan adanya reward, seorang karyawan mampu memberikan hal terbaik yang ada pada dirinya. Akan tetapi, apabila karyawan catering melaukan kesalahan, akan ada sanksi untuk mengatasinya. Bukan hanya reward, suasana saat dalam bekerja yaitu kenyamanan dan keamanan adalah hal yang mendasari sebuah usaha catering dapat berkembang. Karena yang kita tanamkan pada pikiran karyawan saat trening adalah santai it’s ok tapi harus punya tanggung jawab. Dengan begitu rasa kekeluargaan dan perasaan saling menjaga antar karyawan ataupun manajer catering itu semakin besar dan mereka akan tetap menjaga kualitas maanan yang mereka masak agar usaha catering ini tetap bertahan dan semakin berkembang.

Bentuk lainnya, hubungan dengan masyarakat di sekitarnya, hubungan dengan lembaga keuangan bank ataupun non bank, dll
       Dalam suatu strategi usaha ada yang namanya human sosiety, dimana hubungan dengan masayarakat desekitar lingkungan usaha catering itu penting adanya. Karena bentuk usaha saya adalah catering maka dapat menjaga hubungan sengan masyarakat sekitar dengan cara mengambil karyawan catering dari lingkungan sekitar. Apabila tenaga kerja disekitar lingkungan usaha catering tidak mendukung dengan kualiats tenaga kerjanya, dapat juga mengggunakan prinsip kenyangkan tetanggamu sampai dia bosan untuk memakan makananmu. Sehingga, setiap ada pesanan, secara tidak langsung kita juga harus memberikan makanan kepada tetangga sampai tetangga itu bosan memakan makanan dari usaha catering kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Visi dan Misi Usaha Jasa Catering

Segmentasi, Targeting dan Positioning Pemasaran Jasa Usaha Catering

Definisi Jasa Catering